Memuat…

Dua Universitas Tertua ini Jalin Kerjasama Penelitian Kesehatan

Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara (FK-UISU) menjalin kerjasama penelitian di bidang kesehatan bersama Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara (USU).Sebagai Fakultas Kedokteran yang tergabung dalam Asosiasi Pendidikan Kedokteran Indonesia (AIPKI) Wilayah 1, kedua universitas tertua ini sepakat dengan kerjasama ini, dengan harapan meningkatnya kualitas sumber daya manusia (SDM).Dekan FK-UISU, dr. Tri Makmur, Sp.S menjelaskan, penelitian ini penting dalam meningkatkan kualitas SDM. Apalagi salah seorang dosen mereka yang juga Kepala Prodi Profesi, Dr.dr.Umar Zen, Sp.PD, KPTI, telah melakukan penelitian di Kabupaten Simalungun dengan menemukan cacing pita terpanjang di dunia sepanjang 10 meter lebih. Bahkan, pihaknya juga telah menemukan malaria ovale di Kabupaten Langkat yang merupakan daerah endemis ketiga di Indonesia.


“Kerjasama kedua universitas ini sangat penting, banyak hal yang bisa kita lakukan bersama, dengan out put tercapainya tujuan kita yakni meningkatnnya SDM dan kualitas penelitian kita,” beber Tri Makmur, Minggu (27/1/2019).

Hal senada juga disampaikan Pembantu Dekan II FK-UISU, dr. Indra Janis. Dia mengungkapkan, selaku membidangi SDM dan sarana prasana, kerjasama ini tak lain untuk meningkatkan pendidikan staf pengajar dan melengkapi kebutuhan bagian klinis.”Kita juga saat ini sedang mempersiapkan Laboratorium Biomedik dan Laboratorium Biomolekuler yang sebentar lagi akan kita launching. Ini juga merupakan persiapan kita untuk mendukung penelitian di bidang kesehatan,” ungkapnya.Begitu juga dengan DR.dr. Aldy Rambe, Sp.S (K). Selaku Dekan menyambut baik apa yang diutarakan dari FK-UISU untuk kemajuan bersama.Sebelumnya, dr. Aldy memaparkan perkembangan FK-USU dari mulai awal didirikan hingga kondisi saat ini dg 24 Program Studi.Dalam pertemuan pada 23 Januari 2019 kemarin, kedua universitas ini mengakhiri pertemuan dengan tukar cendramata dan foto bersama.Tim FK-UISU yang dipimpin dr. Trimakmur, Sp.S, dihadiri juga dr. Indra Janis, MKT, dr.Alamsyah Lukito, M.Kes, Dr.dr.Umar Zen, Sp.PD, KPTI (Ka. Prodi Profesi), dr Atan Bestari, M.Kes (Ka.Prodi Sarjana Kedokteran), Prof.dr.Najib Dahlan Lubis, S.PA (Kepala Bagian Biomedik Klinik) dan dr.Ismurizal, Sp.F, SH (Ka. Bagian Forensik).

Sumber: https://www.gosumut.com/berita/baca/2019/01/27/dua-universitas-tertua-ini-jalin-kerjasama-penelitian-kesehatan/